RAKYAT.NEWS, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta selama masa liburan Natal dan Tahun Baru 2024 telah mengoptimalkan fungsi layanan Lost and Found untuk mengelola barang penumpang yang tertinggal di Stasiun maupun di Kereta Api.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menuturkan, ada 19 barang milik penumpang yang tertinggal dan 8 diantaranya sudah dikembalikan oleh petugas kepada pemiliknya.

“Selama periode nataru yang telah berjalan selama 9 hari sejak 21 s.d 29 Desember 2023 tercatat 19 barang milik penumpang tertinggal yang berhasil diamankan petugas dan telah di masukan pada database sistem Lost and Found. Dari jumlah tersebut, 8 diantaranya sudah kembali ke pemilik. Barang tertinggal yang ditemukan tak jarang merupakan jenis barang berharga seperti Laptop, Telepon Seluler, Tas, Dompet hingga Paspor.” tutur Ixfan, Jumat (29/12/2023).

Ixfan menyampaikan kepada penumpang layanan jasa kereta api yang merasa barangnya tertinggal untuk segera menghubungi kru yang bertugas.

“Bagi para pelanggan yang merasa kehilangan atau tertinggal barang di dalam KA atau di lingkungan stasiun, dapat melaporkan kepada petugas antara lain Kondektur yang sedang berdinas di atas KA, ataupun petugas pengamanan yang ada di stasiun atau dapat melalui Contact Center KAI 121,” katanya.

Tak lupa, Ia berpesan kapada calon penumpang untuk datang lebih awal dan selalu memerhatikan tiketnya agar tidak ada yang ketinggalan kereta api.

“Pelanggan KA yang akan bepergian menggunakan jasa layanan KAI juga dihimbau agar datang lebih awal ke stasiun pemberangkatan minimal 1 jam sebelum keberangkatan KA nya.” Imbuh Ixfan.

Selain itu, untuk pemesanan tiket kereta api, masyarakat dapat memesannya melalui aplikasi Access by KAI atau merchant yang bekerjasama dengan KAI.