RAKYAT.NEWS, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta menghimbau kepada calon penumpang yang memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI bisa langsung melakukan E-boarding.

Hal ini disampaikan oleh Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko. Ia mengatakan E-Boarding tersedia diaplikasi 2 jam sebelum keberangkatan.

“Jika penumpang melakukan pembelian tiket KA melalui Access by KAI dapat menggunakan fitur e-boarding pass yang tersedia di aplikasi tersebut, Penumpang yang telah memiliki e-boarding pass maka tidak perlu melakukan proses check-in (cetak boarding pass) di stasiun,” Kata Ixfan, Minggu (31/12/2023).

Ixfan menjelaskan, bagi yang ingin melakukan cetak boarding pass, calon penumpang Kereta Api (KA) dapat melakukannya diseluruh stasiun yang sudah dilengkapi dengan fasilitas mesin CIC (Check In Counter) untuk cetak tiket Boarding pass secara mandiri.

“Waktu cetak tiket boarding pass check-in dapat dilakukan mulai 7 hari sebelum keberangkatan sampai dengan 1 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.” Jelas Ixfan.

Lebih lanjut, Ixfan mengatakan, untuk check-in 1 hari sebelum keberangkatan hanya bisa dilakukan distasiun keberangkatan dan stasiun relasi tiket kereta api.

“Untuk waktu check-in 1 X 24 jam sampai dengan sebelum jadwal keberangkatan kereta api maka proses check-in hanya dapat dilakukan di stasiun keberangkatan penumpang atau stasiun antara sesuai relasi tiket kereta api.” Kata Ixfan.

Didalam aplikasi Access by KAI, Calon penumpang juga dapat melihat ketersediaan tiket untuk keberangkatan kereta.

“Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni Aplikasi Access by KAI yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi Access by KAI juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket. Selain melalui aplikasi pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan online dan retail yang sudah bekerjasama dengan KAI,” kata Ixfan.

Selain itu, KAI juga menghimbau bagi calon penumpang pengguna layanan jasa Kereta Api untuk datang lebih awal agar tidak terlambat.

“Bagi calon penumpang KA, kami menghimbau untuk datang 1 jam sebelum keberangkatan.” Kata Ixfan

Sementara itu, KAI Daop 1 Jakarta mencatat lebih dari 526 ribu tiket ludes terjual periode 21 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024.

“Total tiket yang disediakan 772.712 tiket dan sampai hari ini (31/12) sudah lebih dari 526rb terjual.” Kata Ixfan.

Dalam kurun waktu 11 hari, KAI Daop 1 Jakarta menjual 423 ribu lebih tiket sudah terjual.

“Sementara jika melihat berdasarkan tanggal yang paling banyak diminati berdasarkan tanggal keberangkatan KA terjadi mulai tanggal 21 s.d 31 Desember 2023, pada kurun waktu 11 hari tersebut dari ketersediaan tiket sebanyak 472.335 sekitar 423.690 telah terjual.” Kata Ixfan.

Untuk Sisa tempat duduk hari ini Minggu (31/12) sampai dengan Minggu (7/1) masih 217 ribu seat, yaitu 63 persen persen dari kapasitas tempat duduk yang disediakan yaitu 343.530 seat.