RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Hari terakir pada masa periode libur Natal dan Tahun Baru 2024, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta mencatat kedatangan sebanyak 32 Ribu lebih penumpang jumlah lebih banyak dibanding dengan penumpang yang berangkat.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta mengatakan KAI selama periode libur Nataru sudah memberangkatkan sekitar  616.225 penumpang.

“Jumlah tersebut meningkat hampir 20 persen jika dibandingkan dengan total penumpang yang berangkat pada masa Nataru tahun 2022/2023 yakni sekitar 514.890 penumpang.” kata Ixfan, Minggu (7/1/2024)

Sedangkan untuk total kedatangan, tercatat hingga mulai dari 26 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 mecapai 488.715 penumpang.

“Dari jumlah tersebut sekitar 153.653 turun di Stasiun Gambir, 190.219 lainnya di Stasiun Pasar Senen dan sisanya di sejumlah Stasiun lain yang melayani penumpang turun KAJJ untuk wilayah Daop 1 Jakarta seperti Jakarta Kota, Bekasi, Jatinegara, Cikarang, Karawang, dan Cikampek.” Tuturnya.

Ixfan menyampaikan, PT KAI memberikan penawaran yang menarik untuk pengguna jasa kerata api.

“KAI menyediakan tarif khusus untuk sejumlah rute perjalanan kereta api sebagai bentuk penghargaan kepada para pelanggan loyal kereta api, selain itu ada tarif redusi untuk berbagai kalangan dan juga instansi.” Katanya.

Untuk tarif khusus dapat dibeli melalui aplikasi Access by KAI atau loket stasiun maksimal 2 jam sebelum keberangkatan atau secara go show. Masyarakat dapat mengunduh aplikasi Access by KAI melalui perangkat IOS dan Android.

“Adapun tarif khusus tersebut untuk kelas Eksekutif diberikan mulai dari harga 40 ribu s.d 215 ribu, untuk kelas Bisnis mulai dari 35 ribu s.d 180 ribu dan kelas Ekonomi mulai dari 30 ribu s.d 130 ribu rupiah.” Kata Ixfan.

Di wilayah KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, tarif khusus tersedia untuk lima relasi dengan keberangkatan dari Stasiun Gambir, Pasarsenen dan Jakarta kota.

“Tarif khusus dengan KA tujuan, Gambir – Cirebon (PP), Gambir – Bekasi (PP),  Pasarsenen – Cirebon/Cirebon Prujakan (PP),  Pasarsenen – Bekasi (PP),  Pasarsenen/Jakarta Kota – Pegaden Baru (PP).” jelas Ixfan.

KAI menyampaikan terima kasih atas seluruh atensi dan harapan masyarakat kepada KAI selama ini. Beragam fasilitas di stasiun maupun di atas kereta akan terus ditingkatkan seperti peremajaan kereta, percepatan waktu tempuh, penambahan face recognition, dan inovasi pelayanan lainnya sehingga masyarakat akan semakin nyaman saat menggunakan kereta api.