RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Seiring dengan naiknya kasus Covid-19 di Indonesia, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mengimbau kepada seluruh pelanggan agar memakai masker dan menjaga kebersihan dengan cara rutin mencuci tangan.

Sebagai langkah pencegahan, KAI memastikan seluruh petugas telah dilakukan vaksinasi. Di samping itu, sebelum kereta api beroperasi setiap harinya, kami selalu mencuci baik eksterior maupun interior dengan bahan-bahan yang dapat membunuh kuman. Setelah kereta api selesai beroperasi pun, kami lakukan fumigasi di tempat perawatan.

Manager Humas Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menjelaskan, jika nantinya ada kebijakan baru dari pemerintah terkait aturan naik kereta api dengan concern terhadap naiknya kasus Covid-19, KAI akan senantiasa mendukung seluruh kebijakan pemerintah tersebut.

“Tiket Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) sampai saat ini untuk keberangkatan pada masa Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) yaitu 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 masih cukup tersedia. Tiket KAJJ untuk Libur Nataru masih ada, sekitar 390 ribuan tiket masih tersedia untuk keberangkatan mulai tanggal 21 Desember hingga 7 Januari,” katanya dalam keterangan kepada Rakyat.news, Kamis (21/12/2023).

Ixfan juga menjelaskan Bahwasanya untuk keberangkatan pada tanggal tertentu memang sudah habis dipesan, misalnya tanggal 22 dan 23 Desember untuk keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, namun demikian untuk keberangkatan Stasiun Gambir masih tersedia.

“Tanggal- tanggal favorit yang banyak dipilih pelanggan KA yaitu 21, 22, 23, 24 dan 29 Desember. Dengan ketercapaian 73 persen hingga 98 persen untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.” Kata Ixfan.

Tujuan favorit pelanggan KA yaitu Surabaya, Malang, Jember, Solo, Yogyakarta, Purwokerto, Semarang dan Bandung.